Selasa, 19 Maret 2019

Membuat Buku Digital dengan Majalah

Pelatihan Dalam Jaringan (Online) Samisanov kali ini adalah Membuat Buku Digital dengan Aplikasi "Majalah" yang akan dibawakan oleh Master Aries Patta dengan mengambil RBB menjadi aula untuk berdiskusi. Pelatihan dilaksanakan tanggal 9 - 20 Maret 2019 yang secara resmi dibuka oleh Founder SAMISANOV dalam pidato resminya yang disampaikan saat Pembukaan.

Tujuan dari Pelatihan adalah peserta mampu membuat buku digital (e-book) sebagai bentuk tindakan positif penggunaan android dan internet untuk pembelajaran peserta didik.
Langkah-langkah pembuatan Buku Digital ini adalah sebagai berikut:
  1. Mendownload APP Magazine yang akan digunakan untuk mengubah file pdf menjadi apk yang akan diinstal ke Android. APP Magazine didownload dalam bentuk rar yang harus terlebih dahulu diekstrak 
  2. Hasil ekstrak diinstal dan akan tersimpan di C:\Program Files\Android Magazine App Maker Professional pada PC atau Laptop. 
  3. Kemudian diaktivasi dengan aktivator yang sudah tersedia di folder yang kita ekstrak.
  4. Selanjutnya menginstal JAVA 7 (JDK), dalam menginstal JDK yang harus diperhatikan adalah Operasi Sistem pada pc/laptop untuk memilih versi JDK yang sesuai. Dalam sistemnya terbagi 2 yaitu OS 64Bit dan OS 32Bit kemudian sandingkan ke sistem dengan Path (Path sangat sensitif penggunaan huruf kapital dan non kapital) 
  5. Setelah semua beres, kita akan mulai membuat e-booknya. Kita buka icon app
    magazine yang sudah terpasang di pc/laptop. Kemudian akan muncul tampilan 
  6. Langkah selanjutnya adalah add file pdf dan build magazine. Ada hal yang sangat istimewa pada tahap ini, kesesuaian JDK dan Path sangat menentukan kelancaran membuat keystore. Banyak yang harus mengulang beberapa kali atau bahkan mengulang instalasi app  Magazine tapi gak sedikit pula yang langsung berhasil tanpa hambatan. Begitu build magazine langsung next next next dan finish. 😀😀😀
  7. Langkah berikut adalah menemukan penyimpanan apk dan mengirimnya ke android. Proses ini juga memiliki keunikan. Keunikannya ada pada bagian pemindahan apk melalui G-Drive, membuat link dan mengirimnya ke android. Ternyata banyak yang masih belum paham bahwa link bisa dibuat sederhana dan sesuai keinginan, contohnya https://drive.google.com/file/d/1rSl6Sg75Lcf1UDIm-5qtvma6ubjNVDI3/view yang di sederhanakan menjadi bit.ly/CintadanSecangkirKopi.  
  8. Langkah akhir proses pembuatan buku digital dengan majalah ini adalah pemasangan apk dari link yang dibuat di G-Drive tadi menjadi apk di android.
  9. Selanjutnya adalah menjalankan apk tersebut di Android. Sebagai bukti aplikasi berjalan dengan baik adalah dengan merekam atau menjadikannya video dan diunggah ke YouTube. Tonton ya kemudian jalan lupa di subcribe dan klik juga tanda loncengnya 
Demikian rangkaian pembuatan buku digital dengan aplikasi majalah. Kendala terbesar dan terbanyak dari pelatihan ini adalah pada tahap pembuatan keystore. Pemasangan Path yang kurang tepat, pemasangan aplikasi pendukung Java yang tidak tepat dan tidak terpasangnya aplikasi ke android. Tapi dengan diskusi di aula RBB maka banyak peserta yang akhirnya mampu menyelesaikan pelatihan itu dan dinyatakan lulus dan kepada mereka diberikan sertifikat.

Laporan master coach Aries Patta diacara penutupan pelatihan tanggal 20 Maret 2019
1. pelaksanaan pelatihan mulai tgl 9-20 maret 2019
2. jumlah pendaftar sampai saat ini 186 peserta
3. peserta yg dinyatakan lulus sampai saat ini sebanyak 51 peserta
4. sepanjang kegiatan Gratis (kuota tanggung sendiri)
5. Peserta adalah anggota IGI aktif
6. data peserta yg dinyatakan lulus akan di share di sini sebagai bahan laporan buat kita pedomani...

0 comments:

Posting Komentar