Kamis, 26 Maret 2020

Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan 2

Lingkungan hidup merupakan organisasi terbesar dari makhluk hidup karena merupakan suatu kesatuan hidup antara kondisi f tumbuh di atas tanah fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, seperti tana, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Lingkungan Hidup terdiri dari dua bagian, yakni lingkungan biotik dan abiotik. Lingkungan Biotik adalah sesuatu yang bernyawa, seperti tumbuhhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme (virus dan bakteri). Lingkungan abiotik mencakup segala yang tidak bernyawa, seperti tanah, udara, air, iklim, kelembapan, cahaya, dan bunyi. Hubunggan kehidupan dari lingkungan hidup di alam semesta digambarkan dalam ekosistem. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhhluk hidup dan lingkungannya.

Gambar. 1 Ekosistem
Terlihat pada gambar disamping ada hubungan timballik antara komponen biotik dan komponen abiotik. Di sana tercipta hubungan makan dan dimakan dan hubungan saling membutuhkan. Terciptalah rantai makanan dan jaring makanan dengan selaras dan seimbang.

Sebagai bahan bacaan peserta didik disarankan untuk membaca buku siswa hal 29 - 33. Sebagai   latihan diminta sekali lagi peserta didik untuk mengerjakan tabel 2.1 dari buku siswa. Kali ini yang menjadi perhatian adalah gambar ekosistem yang ada di samping.

Untuk memudahkan penilaian dan pengecekan kehadiran sangat diharapkan peserta didik mengisi daftar hadir di link Daftar Hadir. Pengisian disesuaikan jadwal/roster pelajaran sekolah biasa.

0 comments:

Posting Komentar