Sabtu, 28 Maret 2020

Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Bagian 3

Pertemuan III: Interaksi dalam Ekosistem Membuat Suatu Pola

Pada pertemuan kali ini pembahasan kita adalah tentang pola yang terbentuk selama interaksi antara komponen lingkungan.

Bila kita mengamati bagian kecil ekosistem atau seluruh ekosistem yang luas seperti lautan, maka peserta didik dapat mengetahui hubungan keterkaitan di antara organisme dan lingkungannya. Saling ketergantungan ini akan membentuk suatu pola interaksi membentuk rantai makanan, jaring makanan, piramida makanan dan melalui bentuk hidup bersama yang disebut simbiosis.

Proses makan dan dimakan ini sangat erat hubungannya dengan kemampuan menyusun makanan. Komponen yang mampu menyusun makanannya sendiri cenderung selalu menjadi produsen atau sumber makanan atau sumber energi bagi hewan pemakan tumbuhan atau herbivora yang kemudian akan menjadi makanan bagi pemakan hewan lain atau karnivora yang kemudian ini disebut konsumen I. Jenis makanan pada makhluk hidup akan menentukan posisinya dan perannya sebagai konsumen tingkat lanjut begitu juga yyang terjadi pada omnivora. Hingga pada akhirnya ketika hewan dan tumbuhan mati senyawa kompleknya akan diuraikan oleh pengurai atau dekomposer.

Bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis ada 3 yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Hidup bersama berbeda dengan pembentukan rantai makanan, jaring makanan dan piramida makanan. Meskipun ada bagian yang akan dirugikan namun mereka tidak saling memangsa. Untuk contoh silahkan peserta didik memeriksa pada buku siswa.

Nah seperti pertemuan yang lalu, peserta didik tetap harus mengisi daftar hadir. Silahkan klik link daftar hadir di sini atau ke kelas maya kita di google classroom sesuai kelas masing-masing.

0 comments:

Posting Komentar