Selasa, 22 November 2016

Ulangan MID Fisika Kelas XI Semester II

Soal MID Semester II (Genap) T.P 2014/2015
Bid. Study            : Fisika
Kelas                     : XI

Selesaikan soal-soal berikut!


  1. Sebuah penghantar panjangnya 20 m dan luas penampangnya 1 mm2. Penghantar itu terbuat dari besi (r= 8,6 x 10-8 ohm.m). berapakah besar hambatan penghantar tersebut?
  2. Tiga hambatan masing-masing 6 ohm, 3 ohm dan 18 ohm disusun paralel. Susunan itu dirangkai seri dengan dua hambatan 10 ohm dan 38,8 ohm  yang juga tersusun seri. Susunan itu menghubungkan kutub-kutub baterai yang terdiri atas empat elemen tersusun seri, masing-masing GGL 6 volt dengan hambatan dalam 1 ohm. (a) berapakah besar hambatan luar? (b) berapakah kuat arus cabang paralel dan hambatan luar? (c) berapa ohm hambatan yang harus dipasang pada rangkaian luar supaya baterai memberikan kuat arus 0,5 ampere?
  3. Tiga buah lampu dengan hambatan 10 ohm, 15 ohm, 12 ohm dipasang paralel. Ketiga lampu itu akan menyala normal pada tegangan 9 volt. Jika untuk menyalakan lampu-lampu itu digunakam sumber arus 12 volt dengan hambatan dalam 1 ohm, diperlukan sebuah potensiometer yang dipasang seri dengan ketiga lampu itu. Berapakah hambatan potensiometerr itu seharusnya?
  4. Sembilan baterai masing-masing dengan GGL 6 volt dan hambatan dalam 2 ohm disusun dalam 3 kelompok paralel. Tiap-tiap kelompok terdiri atas 3 baterai disusu seri. Kutub-kutub baterai itu dihubungkan dengan susunan hambatan seperti tertera pada gambar. (a) berapakah kuat arus utama dari rangkaian? Berapakah hambatan luar susunan itu?

2 komentar:

  1. Nama:Megi Kinanti
    Kls:XI-A
    1.80 ohm.m
    2.0,9 ampera
    3.9 Volt
    4.6 volt

    BalasHapus
  2. Nama:Istiqomah Pandia
    Kls:XI-A
    1.10 ohm.m

    BalasHapus