Jumat, 17 April 2020

Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Bagian 4

Pertemuan IV. Bentuk-Bentuk Saling Ketergantungan

Setelah mempelajari tentang rantai makanan dan jaring makanan yang komponennya sudah sedikit disinggung di pertemuan III. Peristiwa makan dan dimakan ini merupakan siklus yang menjadi cara bagi lingkungan mencapai keseimbangan. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini

 Peristiwa makan dan dimakan ditandai dengan anak panah, dimana ujung panah yang runcing dapat diartikan memakan dan sebaliknya ujung satunya lagi dapat diartikan dimakan. Dalam hal ini gambar di samping memiliki arti bawa rumput dimakan belalang atau belalang memakan rumput. Begitu selanjutnya ingga pada akhirnya jamur berperan sebagai pengurai. Sekilas anak ibu pasti heran bagaimana bisa jamur memakan elang, sedangkan elang adalah raja di udara. Anak ibu pasti berpikir ini terbalik, tidak. Nanti pada akhir dari kisah hidup sang elang atau setelah kematiannya, saat itulah elang membutukan jamur atau pengurai sebagai pembusuk dan akan menguraikan senyawa komplek elang menjadi senyawa sederhana yang akan diperlukan oleh tumbuhan sebagai makanannya. Nah pada akhirnya, rantai atau jaring makanan ini akan membentuk lingkaran utuh yang saling memiliki ketergantungan.

Berikut ada tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik sebagai stimulus untuk mengetahui dan mengukur ketercapaian pembelajaran pada materi kali ini.


Pada tugas 1 ini peserta didik diminta untuk menuliskan rantai makanan  yang  mungkin terjadi dari gambar jaring makanan di samping. Kemudian menempatkannya di posisi jenis makhluk hidup berdasarkan jenis makanannya atau pada kolom rantai makanan dituliskan komponen pembentuk rantainya kemudian mencentang di kolom herbivora atau karnivora.
Cara 1.
Cara 2

Pada tugas 2. Peserta didik diminta untuk menuliskan rantai makanan yang mungkin terjadi dari gambar yang tersedia, kemudian menuliskan bentuk interaksinya seperti dicontohkan pada tabel.



Pada Tugas 3. Peserta didik diminta untuk membuat contoh rantai makanan sendiri yang merupakan kejadian yang dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik. 


Demikian materi kali ini semoga bermanfaat. Tugas-tugas silahkan dikirim ke Google Classroom (GC) pada kelas masing-masing. Sebagai tambahan saya akan memberikan cara pengiriman tugas atau berkas ke GC.
Disimak ya....

0 comments:

Posting Komentar